Ketua KY Pimpin Upacara Hari Pahlawan
Ketua Komisi Yudisial (KY) Jaja Ahmad Jayus menjadi inspektur upacara dalam Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2019, Senin (11/11) di Lapangan KY, Jakarta.

Jakarta (Komisi Yudisial) - Ketua Komisi Yudisial (KY) Jaja Ahmad Jayus menjadi inspektur upacara dalam Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2019, Senin (11/11) di Lapangan KY, Jakarta.
 
Hadir dalam upacara itu Anggota KY, Sekretaris Jenderal KY, para pejabat struktural dan tenaga ahli KY, serta pegawai KY lainnya.
 
Pada kesempatan tersebu, Jaja membacakan amanat Menteri Sosial RI bahwa peringatan Hari Pahlawan untuk mengingat peristiwa pertempuran 10 November 1945 yang terjadi di kota Surabaya, sebagai salah satu momen paling bersejarah dalam merebut kemerdekaan Indonesia.
 
Dengan peringatan Hari Pahlawan, Jaja melanjutkan, diharapkan semua warga negara dapat lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan.
 
"Sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers kita Bung Karno yang menyatakan bahwa, hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar,” ucap Jaja.
 
Peringatan Hari Pahlawan 2019 ini mengambil tema "Aku Pahlawan Masa Kini". Menjadi pahlawan masa kini dapat dilakukan oleh siapapun warga negara Indonesia. Seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat menggangu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain dan sebagainya.
 
“Jika dahulu semangat kepahlawanan ditunjukkan melalui pengorbanan tenaga, harta bahkan nyawa. Sekarang, untuk menjadi pahlawan, bukan hanya mereka yang berjuang mengangkat senjata mengusir penjajah. Tetapi kita juga bisa, dengan cara menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan, memberikan kemaslahatan bagi masyarakat, membawa harum nama bangsa di mata dunia internasional,” kata Jaja.
 
Jaja juga berpesan agar keutuhan NKRI yang telah dibangun para pendahulu negeri dengan tetesan darah dan air mata menjadi sia-sia. Ia juga berpesan agar jangan membiarkan tangan-tangan jahil atau pihak yang tidak bertanggungjawab merusak persatuan dan kesatuan bangsa.
 
"Selamat Hari Pahlawan 11 November 2019. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan bimbingan dan kekuatan kepada bangsa Indonesia agar dapat menjaga keutuhan NKRI yang telah diperjuangkan oleh para pendahulu negeri"
(KY/Adnan/Festy)

Berita Terkait