Peluang Menjadi Hakim Agung Masih Terbuka Besar
KY melakukan Sosialisasi dan Penjaringan Hakim Agung Tahun 2021 di wilayah Surabaya, Senin (15/3) di Pengadilan Tinggi Militer III Surabaya, Jawa Timur.

Surabaya (Komisi Yudisial) – Komisi Yudisial (KY) masih membuka pendaftaran usulan calon hakim agung (CHA) hingga Senin (22/3) mendatang. Anggota KY Joko Sasmito mengajak peserta  Sosialisasi dan Penjaringan Hakim Agung Tahun 2021 di wilayah Surabaya, Senin (15/3) di Pengadilan Tinggi Militer III Surabaya, Jawa Timur.

“Jangan menunggu periode kedua di tahun ini, sebaiknya periode pertama ini peserta sudah maju untuk mendaftar sehingga memiliki pengalaman mengikuti proses seleksi selanjutnya,” ujar Ketua Bidang Pencegahan dan Peningkatan Kapasitas Hakim KY Joko Sasmito pada acara Sosialisasi yang dilakukan secara tatap muka dan virtual tersebut.

Lebih lanjut, mantan Hakim Tinggi Militer ini juga berharap bila para peserta sosialisasi dan penjaringan yang pernah mengikuti seleksi CHA agar memberi masukan bagi KY agar pelaksanaan ke depannya lebih baik lagi.

Senada, Ketua Bidang SDM, Advokasi, Hukum, Penelitian dan Pengembangan KY Binziad Kadafi mengatakan, seorang hakim membutuhkan proses 30 tahun lamanya untuk dapat menduduki posisi sebagai Hakim Agung. Dalam proses itu, peran KY cukup besar.

“Hakim yang baik tidak semata terlahir begitu saja. Namun, melalui proses pembentukan yang panjang. Sejauh ini, KY turut andil baik dari aspek pengawasan, pembinaan, peningkatan kapasitas hingga seleksi menjadi hakim agung,” ucap Kadafi.

Kadafi melanjutkan, untuk mendapatkan sosok hakim yang benar-benar cakap di bidangnya membutuhkan biaya, serta pengorbanan yang tidak sedikit. Untuk itu bagi para peserta yang memang telah siap menjadi hakim agung, maka saat ini peluangnya terbuka besar.

“Sejauh ini yang telah mendaftar berjumlah 54 orang yang berasal dari jalur karier 20 dan nonkarier 34 orang. Namun pendaftar dari hakim militer masih belum ada sama sekali. Semoga setelah kegiatan ini akan ada calonnya karena mengingat kesempatannya masih terbuka besar,” ajak Kadafi.

Sebagai tuan rumah, Kepala Pengadilan Tinggi III Surabaya Hulwani menghaturkan terima kasih karena berkesempatan menjadi tuan rumah pelaksanaan kegiatan sosialisasi. Ia juga berharap dari hakim militer akan banyak yang mendaftar.

“Semoga dengan sosialisasi akan bermanfaat bagi peserta dalam menambah wawasan terhadap jabatan sebagai Hakim Agung selain itu, mereka juga memiliki gambaran bagaimana prosesnya dan usai dari kegiatan ini semoga akan banyak hakim militer yang ikut mendaftar,” Harap Hulwani. (KY/Adnan/Festy)


Berita Terkait