Penghubung KY Papua dan Komnas HAM Papua Siap Bersinergi
Penguhubung Komisi Yudisial Wilayah Papua (PKY Papua) memperluas sinergi dengan mengunjungi kantor Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Perwakilan Papua, Selasa (23/5), di Jayapura, Papua.

Jayapura (Komisi Yudisial) - Penguhubung Komisi Yudisial Wilayah Papua (PKY Papua) memperluas sinergi dengan mengunjungi kantor Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Perwakilan Papua, Selasa (23/5), di Jayapura, Papua.

 

Koordinator PKY Papua Methodius Kossay menyampaikan bahwa kehadiran PKY Papua tidak hanya berfungsi sebagai lembaga pengawas eksternal terhadap hakim. KY juga bertugas menjaga keluhuran martabat dan perilaku hakim, sehingga terwujud peradilan yang bersih.

 

“Kami hadir di Papua untuk menjaga marwah peradilan. Untuk itu, pertemuan dengan teman-teman dari Komnas HAM Perwakilan Papua merupakan sasaran kami. Dengan duduk bersama, kami bisa saling berkolaborasi sesuai dengan tugas dan fungsi serta kewenangan masing-masing lembaga,” ujar Metho.

 

Ketua Komnas HAM Papua Frits Ramandey mengapresiasi niat baik kunjungan PKY Papua ini. Ia cukup terbuka untuk ke depannya apabila KY dan Komnas HAM bisa berkolaborasi dalam mengawal sistem peradilan yang ada di Papua.

 

“Kami di Komnas HAM banyak menerima laporan-laporan yang masuk terkait penegakan hukum di Papua. Kehadiran KY di Papua cukup penting, sehingga diharapkan ada saling kolaborasi. Jika ada laporan maupun temuan yang kami terima, maka kami bisa teruskan ke KY dalam rangka menjaga marwah peradilan,” pungkasnya. (KY/Sya/Festy)


Berita Terkait