Penghubung KY Wilayah Papua Siap Jalin Sinergisitas dengan Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Papua
Penghubung Komisi Yudisial (KY) Wilayah Papua beraudiensi dengan Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Papua pada Kamis, (9/2) di Kantor Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Papua, Jayapura.

Jayapura (Komisi Yudisial) - Penghubung Komisi Yudisial (KY) Wilayah Papua beraudiensi dengan Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Papua pada Kamis, (9/2) di Kantor Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Papua, Jayapura. Koordinator Penghubung KY wilayah Papua Methodeus Kossay menjelaskan tujuan kunjungan ini untuk mempererat sinergisitas dan komunikasi antarlembaga.

“Sejak kami dilantik pada 4 November 2022 lalu, kehadiran kami di Papua adalah melakukan melakukan pengawasan dalam menjaga integritas hakim. Adapun tugas lainnya, yaitu membangun hubungan dengan berbagai lembaga, organisasi, dan berbagai elemen masyarakat untuk secara bersama mewujudkan peradilan bersih di Tanah Papua,” kata Methodeus.

Di pertemuan tersebut, Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Papua Yohanes B.J. Rusmanta menyambut kehadiran tim Penghubung KY Wilayah Papua. Ia berharap, dengan keberadaan KY di Papua akan menjadi wadah yang tepat bagi seluruh masyarakat untuk mendapatkan keadilan. Sesuai kewenangan yang dimiliki KY, lanjut Yohanes, maka berperan menjaga integritas hakim.

Kedua lembaga sepakat menjalin kerjasama dan berkolaborasi sesuai tugas fungsi masing-masing lembaga, khususnya dalam menerima laporan masyarakat dan melakukan pengawasan. 

"Jika kami menerima laporan masyarakat terkait kode etik hakim, kami akan meneruskan dan mengarahkan laporan tersebut kepada Penghubung KY Wilayah Papua untuk ditindaklanjuti,” ungkapnya. (KY/Syarif/Festy)


Berita Terkait