Penghubung KY Wilayah Sumatera Selatan Kenalkan Komisi Yudisial pada Masyarakat Desa Kemang Tanduk
Penghubung Komisi Yudisial (KY) Wilayah Sumatera Selatan bersama Mahasiswa KKL Fakultas Hukum dan Syari’ah UIN Raden Fatah Palembang hadir di Desa Kemang Tanduk, Kecamatan Rambang Kapak Tengah, Selasa (13/9).

Prabumulih (Komisi Yudisial) – Menempuh pejalanan sejauh kurang lebih 113,7 km (2 jam 43 menit), Penghubung Komisi Yudisial (KY) Wilayah Sumatera Selatan bersama Mahasiswa KKL Fakultas Hukum dan Syari’ah UIN Raden Fatah Palembang hadir di Desa Kemang Tanduk, Kecamatan Rambang Kapak Tengah

 

Menempuh pejalanan sejauh kurang lebih 113,7 km (2 jam 43 menit), Penghubung Komisi Yudisial (KY) Wilayah Sumatera Selatan bersama Mahasiswa KKL Fakultas Hukum dan Syari’ah UIN Raden Fatah Palembang hadir di Desa Kemang Tanduk, Kecamatan Rambang Kapak Tengah, Selasa (13/9). Kunjungan kali ini dalam rangka melaksanakan sosialisasi kelembagaan KY “Bersama masyarakat Desa Kemang Tanduk Wujudkan Peradilan Bersih”.

 

Dalam kesempatan tersebut, Koordinator Penghubung KY Sumatera Selatan Zaimah Husin menyampaikan tugas Penghubung KY di antaranya: melakukan pemantauan persidangan dan pengawasan terhadap Kode Etik Pedoman Perilaku Hakim, serta menerima laporan masyarakat terkait adanya dugaan pelanggaran Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH), dan tugas lainnya.

 

"Sesuai amanat konstitusi, KY bersifat mandiri yang berwenang mengusulkan pengangkatan hakim agung dan mempunyai wewenang lain dalam rangka menjaga dan menegakkan kehormatan, keluhuran martabat, serta perilaku Hakim. Oleh karena itu, KY mengharap Bapak/Ibu bersinergi mewujudkan peradilan bersih," ujar Koordinator Penghubung KY Sumatera Selatan Zaimah Husin.

Animo masyarakat Desa Kemang Tanduk bersama kepala desa Adi Darminto cukup tinggi untuk mengikuti kegiatan penyampaian materi yang dilanjutkan  dengan sessi tanya jawab. Camat Rambang Kapak Tengah Satria Karsa, yang berkesempatan hadir dalam kegiatan tersebut menyambut baik kegiatan sosialisasi kelembagaan KY di Desa Kemang Tanduk, dan berharap kegiatan akan berlanjut didesa-desa lainnya termasuk di Kecamatan Rambang Kapak Tengah Kota Prabumulih.(KY/Zaimah/Festy)


Berita Terkait