Presiden Joko Widodo Apresiasi Kinerja KY
Presiden Joko Widodo melalui sambutannya secara virtual mengapresiasi upaya KY menjaga marwah dunia peradilan di Indonesia. Selain apresiasi, dukungan juga diberikan pada kinerja KY ke depan.

Jakarta (Komisi Yudisial) - Presiden Joko Widodo melalui sambutannya secara virtual mengapresiasi upaya KY menjaga marwah dunia peradilan di Indonesia. Selain apresiasi,  dukungan juga diberikan pada kinerja KY ke depan.

"Saya menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Komisi Yudisial yang telah bekerja keras menjaga marwah dunia peradilan kita," ujar Presiden Joko Widodo pada pada  penyampaian Laporan Tahunan Komisi Yudisial (KY) Tahun 2022, Senin (13/3). 

Presiden Joko Widodo juga menegaskan posisi KY yang sentral dalam  mewujudkan reformasi peradilan. Menjalankan fungsi checks and balances bagi lembaga peradilan sebagai pengawas eksternal, Presiden Joko Widodo menilai KY memiliki peran agar kekuasaan kehakiman terus mengedepankan akuntabilitas peradilan. Guna mengoptimalkan peran KY tersebut, Presiden Joko Widodo menyoroti hal substansial lain yang perlu dijajaki oleh KY, yakni sinergisitas bersama Mahkamah Agung (MA) sebagai mitra utama KY.

"Komisi Yudisial dan Mahkamah Agung harus terus berkolaborasi untuk menjamin kepastian hukum yang berkeadilan dan menjawab rasa keadilan masyarakat," lanjut Presiden Joko Widodo.

Mengakhiri sambutannya, Presiden Joko Widodo menyampaikan dukungan atas kinerja-kinerja KY. "Pemerintah mendukung setiap langkah-langkah untuk meningkatkan kualitas layanan peradilan, kita harus aktif mencatat keluhan-keluhan masyarakat dan pencari keadilan, serta melakukan langkah-langkah konkret untuk menjamin rasa keadilan," tutup Presiden Joko Widodo. (KY/Halima/Festy)


Berita Terkait