KY dan Unitomo Gelar Seminar Nasional Pemilu dan Integritas Hakim
KY menghelat Seminar Nasional bekerjasama dengan Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) mengangkat tema Pemilu dan Integritas Hakim di Auditorium MR. R.M. Soemantri, Kampus Unitomo Surabaya, Kamis (7/11).

Surabaya (Komisi Yudisial) - Komisi Yudisial (KY) sebagai lembaga yang mendapat mandat konstitusional untuk melakukan pengawasan perilaku hakim memiliki peran penting dalam mewujudkan peradilan bersih. KY dituntut aktif untuk melakukan pengawasan terhadap hakim, termasuk yang menangani perkara-perkara pemilu.
 
KY menghelat Seminar Nasional bekerjasama dengan Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) mengangkat tema Pemilu dan Integritas Hakim di Auditorium MR. R.M. Soemantri, Kampus Unitomo Surabaya, Kamis (7/11).
 
Rektor Unitomo Bachrul Amiq dalam sambutannya sekaligus membuka secara menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini dan berharap kerjasama KY dengan Unitomo berkelanjutan.
 
“Selaku Rektor Unitomo, saya menyampaikan terima kasih atas kerjasama yang erat ini. Mudah-mudahan ini bukan yang terakhir, semoga ada kegiatan-kegiatan berikutnya bersama Unitomo. Selamat datang di Unitomo kampus kebangsaan dan kerakyatan. Semoga atas kerjasama ini kita sama-sama maju dan unggul," ujar Bachrul Amiq.
 
Dalam kesempatan itu pula Ketua KY Jaja Ahmad Jayus menyampaikan terima kasih atas sambutan dari Unitomo, kampus kebangsaan dan kerakyatan yang memiliki visi mandiri, modern, beretika. 
 
“Oleh karena itu, saya sangat berbahagia di Unitomo ini memiliki salah satu visinya yang menyangkut persoalan etika.  Dalam dunia Ilmu Hukum, produk hukum itu salah satu syaratnya agar bernilai efektivitas dalam masyarakat, di antaranya harus memiliki prinsip etik,” tutur Jaja.
 
Jaja juga berharap Unitomo akan melahirkan generasi muda sesuai visinya yang mandiri, modern, dan beretika.
Sebagai informasi, hadir sebagai pembicara Pakar Hukum Tata Negara dan pengamat politik Refly Harun, Dosen FH Universitas Negeri Gorontalo Duke Ari Widagdo, Aktivis Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Fadli Ramadhanil, dan Siti Marwiyah Wakil Rektor I Unitomo sebagai moderator. (KY/Yuni/Festy)
 

Berita Terkait