KY Semarakkan Pameran Kampung Hukum MA 2024
Komisi Yudisial (KY) ikut berpartisipasi dalam Pameran Kampung Hukum yang diselenggarakan oleh Mahkamah Agung (MA) di Cendrawasih Hall Jakarta Covention Centre (JCC), Senin (19/02/2024) hingga Selasa (20/02/2024).

Jakarta (Komisi Yudisial) - Komisi Yudisial (KY) ikut berpartisipasi dalam Pameran Kampung Hukum yang diselenggarakan oleh Mahkamah Agung (MA) di Cendrawasih Hall Jakarta Convention Centre (JCC), Senin (19/02/2024) hingga Selasa (20/02/2024). Acara dibuka dengan tarian khas Palembang "Gending Sriwijaya” untuk menyambut para tamu undangan. 

Kegiatan ini merupakan rangkaian pelaksanaan Laporan Tahunan MA yang bertujuan untuk mensosialisasikan produk-produk hukum kepada publik melalui metode yang interaktif dan edukatif. Selesai membuka pameran secara resmi, Pimpinan MA mengunjungi booth peserta pameran, termasuk KY. Ketua MA bertanya soal produk-produk publikasi yang dipamerkan di area booth.

"Buku-buku ini adalah produk publikasi terbitan KY sebagai upaya untuk mengenalkan wewenang dan tugas KY, serta isu hukum dan peradilan kepada publik. Kami juga memiliki media sosial sebagai saluran komunikasi lainnya. Setiap bulannya ada giveaway menarik yang kami bagikan kepada Sobat KY," jelas Pranata Humas Ahli Muda Festy Rahma Hidayati.

Pada pameran Kampung Hukum 2024 ini, booth KY mengusung tema Peradilan Bersih dengan menonjolkan Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH) di salah satu dinding agar para hakim dapat mengingat panduan keutamaan moral dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, pengunjung juga dapat mengikuti kuis dan diberikan bermacam souvenir menarik. Para pengunjung berasal dari hakim, pegawai MA, pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum lainnya.

Selain KY, pameran bertema "Integritas Kuat, Peradilan Bermartabat" ini diikuti 31 kementerian/organisasi hukum di antaranya Mahkamah Konstitusi (MK), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kejaksaan RI, Kepolisian RI, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) dan Kementerian Hukum dan HAM, serta LSM dan mitra Bank Dunia untuk memaparkan kebijakan dan pencapaiannya. (KY/Gifta/Festy)


Berita Terkait