Penghubung KY Sultra Siap Gandeng Pemkab Konawe Wujudkan Peradilan Bersih
Penghubung Komisi Yudisial (KY) Wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra) menggandeng Pemerintah Kabupaten Konawe dalam upaya menciptakan peradilan yang bersih dengan melakukan kunjungan kelembagaan, Kamis (19/10).

Kendari (Komisi Yudisial) - Penghubung Komisi Yudisial (KY) Wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra) menggandeng Pemerintah Kabupaten Konawe dalam upaya menciptakan peradilan yang bersih dengan melakukan kunjungan kelembagaan, Kamis (19/10).

Asisten Penghubung KY Wilayah Sultra Ariyanto menyampaikan, kunjungan ini sebagai upaya Penghubung KY Sultra untuk menggandeng semua pihak dalam upaya mewujudkan peradilan bersih.

"Tujuan pembentukan Penghubung KY Sultra adalah mewujudkan peradilan yang bersih di Sultra. Salah satu upaya yang kami lakukan, yaitu menjalin komunikasi dengan pihak pemerintah daerah, seperti Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe,” ujar Ariyanto. 

Dalam kesempatan itu, Penghubung KY juga menyampaikan rencana pelaksanaan edukasi publik di Kabupaten Konawe. Hal ini sebagai upaya KY untuk meningkatkan pemahaman publik terkait wewenang dan tugas KY berdasarkan konstitusi. KY bersifat mandiri yang berwenang mengusulkan pengangkatan hakim agung dan mempunyai wewenang lain dalam rangka menjaga dan menegakkan kehormatan, keluhuran martabat, serta perilaku hakim. (KY/Amrul/Festy)


Berita Terkait