34 Calon Hakim Agung dan 6 Calon Hakim ad hoc HAM di MA Jalani Seleksi Kesehatan dan Kepribadian
Asesmen kompetensi dan kepribadian calon hakim agung dan 6 orang calon hakim ad hoc Hak Asasi Manusia (HAM) di Mahkamah Agung (MA) pada 21 s.d 28 Agustus 2023 secara daring.

Jakarta (Komisi Yudisial) – Sebanyak 34 orang calon hakim agung dan 6 orang calon hakim ad hoc Hak Asasi Manusia (HAM) di Mahkamah Agung (MA) mengikuti seleksi tahap ketiga, yaitu kesehatan dan kepribadian. Para peserta terlebih dahulu menjalani pemeriksaan kesehatan dan kejiwaan pada  Rabu s.d Kamis, 9 s.d 10 Agustus 2023 di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta. Kemudian para peserta menjalani asesmen kompetensi dan kepribadian pada 21 s.d 28 Agustus 2023 secara daring.

 

Pada tahap ketiga, para peserta menjalani seleksi kesehatan dan kepribadian. Untuk seleksi kepribadian meliputi asesmen kompetensi dan kepribadian, rekam jejak, dan masukan dari masyarakat. Asesmen ini akan mengukur kompetensi calon yang terdiri dari kelompok kompetensi integritas; mental, interpersonal, dan manajemen organisasi; teknis dan proses yudisial; serta kenegarawanan. Para peserta akan diuji oleh asesor yang berlatar belakang psikolog dan asesor substantif yang merupakan hakim agung atau mantan hakim agung.

 

"KY berharap masyarakat dengan identitas yang jelas dapat memberikan informasi atau pendapat secara tertulis tentang rekam jejak terkait integritas, kapasitas, perilaku dan karakter calon hakim agung dan calon hakim ad hoc HAM di MA paling lambat 31 Agustus 2023," jelas Anggota KY M. Taufiq HZ.

 

Informasi masyarakat tersebut disampaikan melalui email: rekrutmen@komisiyudisial.go.id atau Jl. Kramat Raya No.57, Jakarta Pusat 10450. Informasi tersebut bermanfaat agar di dalam proses seleksi ini benar-benar menemukan hakim agung dan hakim ad hoc HAM di MA yang terbaik. (KY/Festy)


Berita Terkait