KY Paparkan Penanganan Laporan Masyarakat dan Capaian Kinerja Lainnya di Tahun 2019
Ketua Komisi Yudisial Jaja Ahmad Jayus didampingi Anggota KY Sukma Violetta dan Sekretaris Jenderal KY Tubagus Rismunandar Ruhijat menyampaikan penanganan laporan masyarakat periode 2 Januari - 23 Desember 2019 dan capaian kinerja KY lainnya.

Jakarta (Komisi Yudisial) - Ketua Komisi Yudisial Jaja Ahmad Jayus didampingi Anggota KY Sukma Violetta dan Sekretaris Jenderal KY Tubagus Rismunandar Ruhijat menyampaikan penanganan laporan masyarakat periode 2 Januari - 23 Desember 2019 dan capaian kinerja KY lainnya.
 
"KY juga telah menyampaikan usulan enam calon hakim agung dan empat calon hakim ad hoc pada MA ke DPR. Selanjutnya DPR akan melakukan fit and proper test untuk menyetujui calon yang diajukan KY," ujar Jaja di hadapan awak media, Kamis (26/12) di Ruang Pers KY, Jakarta.
 
Keenam CHA tersebut adalah: Soesilo (Hakim Tinggi di Pengadilan Tinggi Banjarmasin) untuk kamar Pidana, Dwi Sugiarto (Hakim Tinggi di Pengadilan Tinggi Denpasar) dan Rahmi Mulyati (Panitera Muda Perdata Khusus pada MA) untuk kamar Perdata, H. Busra (Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kupang) untuk kamar Agama, Brigjen TNI Sugeng Sutrisno (Hakim Militer Utama Dilmiltama) untuk kamar Militer, dan Sartono (Wakil Ketua III Pengadilan Pajak bidang Pembinaan dan Pengawasan Kinerja Hakim) untuk kamar Tata Usaha Negara, khusus Pajak.
 
Para calon hakim ad hoc Tipikor pada MA yang diusulkan tersebut, yaitu Agus Yuniato (hakim ad hoc Tipikor Tingkat Pertama pada PN Surabaya) dan Ansori (hakim ad hoc Tipikor Tingkat Banding pada PT Sulawesi Tengah).
 
Sementara calon hakim ad hoc Hubungan Industrial pada MA, yaitu: Willy Farianto (advokat) dari unsur Apindo dan Sugianto (Hakim ad hoc PHI pada PN Semarang dari unsur Serikat Pekerja/Serikat Buruh.
 
"KY berharap agar DPR RI melalui Komisi III DPR RI dapat menyetujui calon hakim agung dan calon hakim ad hoc pada MA untuk selanjutnya ditetapkan oleh Presiden," harap Jaja.
 
Selain itu, KY juga telah melaksanakan peningkatan kapasitas hakim dan advokasi hakim dalam rangka menjaga kewibawaan hakim dan pengadilan. (KY/Festy/Jaya)

Berita Terkait