KY Ukur Keberhasilan Kinerja Lembaga di Jawa Tengah
Komisi Yudisial (KY) kembali melanjutkan workshop dan pengukuran Program Peningkatan Kapasitas Hakim (PPIH) tahun 2019 dengan menyasar masyarakat di Kecamatan Semarang Timur dan sekitarnya.

Semarang (Komisi Yudisial) – Komisi Yudisial (KY) kembali melanjutkan workshop dan pengukuran Program Peningkatan Kapasitas Hakim (PPIH) tahun 2019 dengan menyasar masyarakat di Kecamatan Semarang Timur dan sekitarnya.
 
Kasubag Monitoring dan Evaluasi Mia Nurul Aini menyampaikan bahwa program ini bertujuan untuk mendorong penguatan integritas hakim sehingga persepsi masyarakat terhadap hakim menjadi positif. Dengan demikian diharapkan muncul kepercayaan terhadap hakim.
 
“Keunggulan program ini terletak pada pola pendekatan persuasif dan pencegahan yang coba diimplementasikan KY kepada stakeholder utamanya, yaitu para hakim di lingkungan Mahkamah Agung (MA) dan masyarakat. Dengan pengintegrasian beberapa kegiatan yang semula dilaksanakan secara parsial menjadi kegiatan yang terlaksana secara utuh dalam satu kesatuan aktivitas dalam upaya pencapaian outcome lembaga,” ujar Mia.
 
Dalam rangka mengetahui kinerja KY melalui program-program yang diselenggarakannya tersebut, maka setiap tahun perlu dilakukan pemantauan dan evaluasi tahunan. Melalui kegiatan pemantauan dan evaluasi dapat diketahui pelaksanaan wewenang dan tugasnya, serta efektivitas pelaksanaan tugas tersebut.
 
“Dalam mengevaluasi efektivitas pelaksanaan program-program dan tolak ukur keberhasilan kinerja KY dalam melaksanakan tugasnya, perlu dilihat sejauh mana manfaat program-program KY dirasakan oleh hakim dan masyarakat. Program-program KY yang efektif semestinya dapat menciptakan para hakim yang berintegritas tinggi, bekerja secara profesional dengan kompetensi yang memadai. Lebih jauh lagi, dampak dari program dan kegiatan di KY adalah tercapainya kepuasan dan kepercayaan masyarakat terhadap hakim,” lanjut Mia.
 
Oleh karena itu, workshop dan pengukuran PPIH ini dilaksanakan, sebagai masukan bagi KY dan lembaga pengadilan atas kinerja yang telah dilaksanakan. (KY/Noer/Festy)

Berita Terkait