PKY Sulsel Kenalkan KY ke Masyarakat Takalar
Penghubung Komisi Yudisial Wilayah Sulawesi Selatan (PKY Sulsel) bersama mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin, Fakultas Hukum Universitas Bosowa Makassar dan Fakultas Hukum Universitas Indonesia Timur bersilaturahmi dengan masyarakat Desa Pakkabba, Kecamatan Galesong Utara, Kabupaten Takalar.

Takalar (Komisi Yudisial) – Guna mengenalkan wewenang dan tugas Komisi Yudisial (KY), Penghubung Komisi Yudisial Wilayah Sulawesi Selatan (PKY Sulsel) bersama mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin, Fakultas Hukum Universitas Bosowa Makassar dan Fakultas Hukum Universitas Indonesia Timur bersilaturahmi dengan masyarakat Desa Pakkabba, Kecamatan Galesong Utara, Kabupaten Takalar.
 
“Komisi Yudisial adalah lembaga negara yang berwenang untuk menjaga dan menegakkan kehormatan, keluhuran martabat, dan perilaku hakim. Dalam menjalankan wewenang dan tugasnya, KY dibantu oleh Penghubung KY. Tugas Penghubung KY, yaitu menerima laporan dugaan pelanggaran kode etik hakim, pemantauan persidangan, advokasi dan sosialisasi, serta tugas-tugas lain yang diperintahkan oleh KY,” urai Asisten PKY Sulsel Yusuf Nurdin Selasa (20/8) di Masjid Lailatul Qadar, Takalar.
 
Dalam sosialisasi ini diharapkan masyarakat dapat memahami wewenang dan tugas KY sehingga dapat membantu pelaksanaan tugas KY dalam mewujudkan peradilan bersih. “Melalui kegiatan sosialisasi ini diharapkan masyarakat Desa Pakkaba mengenal Komisi Yudisial beserta kewenangannya, memperluas jejaring Komisi Yudisial sehingga bisa mendukung kerja-kerja Komisi Yudisial dan yang tidak kalah pentingnya adalah menanamkan dan menumbuhkan kesadaran bahwa masyarakat punya peran penting dalam mewujudkan peradilan bersih,” papar Asisten PKY SulSel Ni Putu Dewi.
 
Sosialisasi ini dihadiri oleh Kepala Desa Pakkabba Januddin, Wakil Ketua Badan Pembinaan Desa (BPD) Sudirman Dg Nuntung, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koptu Ambo Tuwo dan Bintara pembinanaan dan keamanan ketertiban masyarakat (Babinkamtibmas) Aipda Asrul serta warga Desa Pakkabba.
 
“Kami berterimakasih sekali atas kedatangan pihak Penghubung KY Wilayah Sulawesi Selatan ke desa kami, dan kegiatan seperti ini adalah kegiatan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat,” pungkas Januddin. (KY/Dewi/Festy)

Berita Terkait