close

Sabtu, 04 November 2017 - 16:37:30 WIB
Budayakan Integritas, KY Sasar Pelajar
Diposting oleh : Admin
Kategori: Hukum - Dibaca: 106 kali

Bangkalan (Komisi Yudisial) - Komisi Yudisial (KY) memiliki banyak program pencegahan untuk berbagai elemen masyarakat. Salah satu program yang diperuntukkan pelajar adalah Safari Budaya Integritas yang merupakan bagian dari Program Peningkatan Integritas Hakim (PPIH).

Sebanyak 25 orang siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Bangkalan yang dinilai aktif diajak oleh KY untuk observasi langsung aktivitas penegakan hukum di Kantor Pengadilan Negeri Bangkalan, Jumat (3/11).

"Kegiatan Safari Budaya Integritas merupakan bagian dari PPIH yang bertujuan untuk meningkatkan integritas hakim. Namun di sisi lain, masyarakat juga mendapat treatment, karena jika masyarakatnya sendiri tidak berintegritas bisa jadi masalah juga bagi hakim dan penegakan hukum di Bangkalan," ujar Kepala Biro Perencanaan dan Kepatuhan Internal KY Ronny Dolfinus Tulak.

KY sengaja menyasar pelajar sebagai upaya untuk mengedukasi dan membentuk manusia yang berintegritas. 

Safari Budaya Integritas adalah kegiatan yang diharapkan dapat menumbuhkan budaya integritas di kalangan muda.

"Safari itu artinya berkeliling dari satu tempat ke tempat lain. Dalam konteks ini, KY berkeliling mengunjungi generasi muda untuk menanamkan budaya integritas sedini mungkin. Harapannya bila nanti mereka menjadi penegak hukum, mereka memiliki integritas yang baik dan profesional," tandas Ronny. 

Hadir sebagai guru pendamping dari SMAN 1 Bangkalan adalah Waka Humas  Mohammad Hosen yang mengapresiasi kegiatan ini.
 
"Dari pihak sekolah, kami ucapkan terima kasih pada KY sehingga program ini dapat menyentuh aspek masyarakat, dan tidak hanya menyasar pada hakim saja, tapi juga pada generasi muda. Tentu kita tidak ada yang tahu kalau 10, 20, atau 30 tahun kemudian siswa-siswi ini bisa menjadi hakim, atau juga menjadi penegak hukum yang berintegritas tinggi," ungkapnya semangat.

Hal senada disampaikan Wakil Ketua PN Bangkalan Bambang Trenggono yang menyambut hangat kedatangan rombongan. Ia pun memiliki harapan yang sama bila para siswa yang ikut safari budaya integritas ini memiliki integritas yang baik.

"Saya berharap anak-anak peserta Safari Budaya yang hadir di sini bisa menjadi siswa yang berintegritas. Untuk membentuk integritas  bisa dimulai dari hal-hal kecil yang biasa dilakukan oleh anak-anak seumuran SMA seperti, memupuk kedisiplinan, patuh terhadap tata tertib sekolah, taat aturan berlalu lintas dan lain sebagainya," pungkas Bambang. (KY/Adnan/Festy).




0 Komentar :