close

Jumat, 03 November 2017 - 12:44:03 WIB
KY Harap Ada Peningkatan Kepercayaan Publik terhadap Hakim
Diposting oleh : Admin
Kategori: Hukum - Dibaca: 97 kali

Semarang (Komisi Yudisial) - Ketua Komisi Yudisial (KY) Aidul Fitriciada Azhari berharap hasil kinerja KY akan membawa dampak terhadap meningkatnya kepercayaan publik terhadap hakim.

"Kegiatan KY itu bukan hanya output dalam pengertian laporan kinerja, tetapi juga dampaknya. Salah satu yang dilakukan KY adalah pengukuran kinerja dan integritas hakim. Dari hasil pengukuran tersebut berdampak pada kepercayaan publik," jelas Aidul di hadapan para hakim dari pengadilan negeri dan pengadilan tinggi wilayah Jawa Tengah dalam kegiatan Pengukuran Dampak Kinerja Komisi Yudisial dan Workshop "Profesionalisme dan Integritas Hakim", Kamis (2/10) di Aula Pengadilan Tinggi Agama Semarang,
Jawa Tengah.

Dalam kesempatan itu, Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Surakarta ini juga menjelaskan tentang salah satu wewenang KY, yaitu menjaga dan menegakkan kehormatan, keluhuran martabat dan perilaku hakim. 

Dalam menjalankan tugas kedinasan dan sehari-hari, hakim berpedoman pada Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH). Oleh karena itu, ia berharap para menjaga berpegang teguh pada KEPPH sehingga terwujudnya peradilan bersih dan agung.

"Mari KY dan Bapak/Ibu hakim peserta workshop di lingkungan pengadilan khususnya wilayah Jawa Tengah sama-sama menjaga dan menegakan kehormatan, keluhuran serta martabat hakim agar kepercayaan masyarakat terhadap pengadilan meningkat dengan cara meningkatkan kompetensi dan integritas," pungkas Aidul di akhir sambutannya. (KY/Emry/Festy)




0 Komentar :