close

Jumat, 29 September 2017 - 07:40:18 WIB
Ingin Menjadi Hakim, KY Ajak Mahasiswa FH UMM Jaga Integritas
Diposting oleh : Admin
Kategori: Hukum - Dibaca: 202 kali

Malang (Komisi Yudisial) - Kedudukan Komisi Yudisial (KY) sebagai lembaga negara mempunyai kepentingan untuk memperbaiki sistem peradilan di Indonesia dan mendukung terwujudnya kekuasaan kehakiman yang mandiri untuk menegakkan hukum dan keadilan.

Hal tersebut disampaikan Ketua KY Aidul Fitriciada Azhari pada Kuliah Umum "Peran dan Strategi Komisi Yudisial dalam Mewujudkan Hakim Berintegritas" di Dome Theatre Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Kamis (28/9).

Menurut Aidul, KY mempunyai peran dalam mewujudkan hakim berintegritas agar sistem peradilan di Indonesia menjadi lebih baik.

"KY mempunyai tugas untuk meningkatkan integritas, kapasitas dan profesionalisme hakim yang sejalan dengan kode etik dan pedoman perilaku hakim," ujar Aidul.

Lebih lanjut, Aidul mengatakan, KY mempunyai tanggung jawab untuk menjaga keluhuran dan kehormatan martabat hakim dari pihak-pihak yang merendahkan martabat hakim, termasuk juga pelecehan melalui media sosial.

"Intervensi baik dari internal maupun ekternal, seorang hakim senantiasa harus bisa bertahan dari segala macam ancaman," ujar Guru Besar Universitas Muhammadiyah Surakarta ini.

Aidul mengajak, mahasiswa Fakultas Hukum (FH) UMM dapat meningkatkan motivasinya agar setelah lulus nanti bisa menjadi hakim.

"Kalau ingin menjadi hakim mulai dari sekarang harus memperbaiki integritasnya," pungkas Aidul.

Dekan FH UMM Sulardi mengatakan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kerjasama KY dengan UMM.

"Koalisi permanen antara KY dengan UMM sampai saat ini masih terjaga dengan baik," ucap Sulardi.

Untuk itu, Sulardi berharap, kedepannya KY dapat menerima mahasiswa FH UMM melakukan penelitian di KY. Selain itu, FH UMM berharap ada kerjasama dalam melakukan eksaminasi putusan.

"Karena sebelumnya UMM melakukan eksaminasi putusan bersama KY dan menjadi yang terbaik, apabila program tersebut masih ada, UMM siap melakukannya," ujar Sulardi. (KY/Hamka/Jaya).




0 Komentar :