close

Rabu, 06 September 2017 - 22:11:55 WIB
Awasi Hakim, KY Minta Dukungan Kaltim Post
Diposting oleh : Admin
Kategori: Hukum - Dibaca: 229 kali

Samarinda (Komisi Yudisial) - Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Layanan Informasi KY Farid Wajdi bersilaturahmi dengan redaksi Kaltim Post, Rabu (6/9), Samarinda. Dalam kunjungannya tersebut, Farid menjelaskan tujuan kedatangan ke redaksi Kaltim Post untuk berbagi informasi terkini terkait program dan kegiatan yang dikerjakan KY.

Di awal, Farid menjelaskan tugas KY untuk mengawasi seluruh hakim di Indonesia, sementara SDM KY terbatas.
Untuk memperluas akses masyarakat terhadap KY, undang-undang mengamanatkan KY untuk membentuk Penghubung KY yang merupakan perpanjangan tangan KY di daerah.  

"Undang-undang mengamanatkan KY untuk membentuk Penghubung di beberapa wilayah, salah satunya di Kalimantan Timur," urai mantan Dekan Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Medan ini.

Selain itu, KY juga membutuhkan dukungan elemen masyarakat, termasuk media massa untuk mewujudkan peradilan bersih.

"KY membutuhkan 'laskar-laskar yudisial seperti perguruan tinggi, LSM dan media massa untuk membantu tugas KY. Bahkan, apabila pemberitaan tentang hakim yang diduga melanggar kode etik dapat digunakan sebagai informasi bagi KY untuk menindaklanjuti," jelas Farid.

Lebih lanjut Farid juga mengungkap topik terkait wewenang untuk mengusulkan pengangkatan hakim agung dan hakim ad hoc di Mahkamah Agung kepada DPR untuk mendapatkan persetujuan. Saat ini KY sedang membuka penerimaan usulan calon hakim ad hoc Hubungan Industrial di MA sebanyak 8 orang dari unsur APINDO dan Serikat Pekerja/Serikat Buruh.

"Mohon kiranya Kaltim Post dapat menyebarluaskan hal itu kepada masyarakat di wilayah Kalimantan Timur," pinta Farid.

Menanggapi itu, Editor Kaltim Post Rendy Fauzan senang dan terhormat atas kunjungan KY. Menurutnya, Kaltim Post juga siap mendukung langkah KY dalam memperbaiki dunia peradilan di Indonesia.

"Kaltim Post selalu siap dan akan mendukung KY," pungkas Rendy. (KY/Festy/Jaya)




0 Komentar :