Jumat, 04 Agustus 2017 - 15:46:49 WIB
CHA Gazalba Saleh: Hakim Perlu Menggali Nilai-Nilai Keadilan Substantif
Diposting oleh : Admin
Kategori: Hukum - Dibaca: 291 kali

Jakarta (Komisi Yudisial) - Calon hakim agung (CHA) Gazalba Saleh menegaskan pentingnya seorang hakim menggali nilai-nilai keadilan substantif yang mengacu pada bukti-bukti dan fakta dalam persidangan.
 
“Keadilan substantif adalah keadilan yang sebenarnya, keadilan hakiki yang benar-benar mengacu pada bukti-bukti dan fakta pada persidangan,” urai Gazalba di hadapan panelis saat wawancara CHA Tahun 2017, Jumat (4/8) di Auditorium KY, Jakarta.
 
Hal itu, lanjut Dosen Fakultas Hukum Universitas Narotama Surabaya, agar hakim tidak hanya menjadi corong undang-undang. Hakim perlu juga untuk menggali nilai-nilai keadilan yang juga sesuai dengan Pancasila.
 
“Hakim bukan hanya jadi corong undang-undang, salah satunya dengan cara diskresi hukum yang merujuk pada peraturan perundang-undangan apabila pada undang-undang tidak memadai. Namun bisa juga mengacu pada sumber lain. Contohnya, jika dikaitkan dengan Pancasila. Keadilan substantif itu kembali pada irah-irah berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa, dan pada pertimbangan putusan yang mengacu pada pasal yang didakwakan,” lanjut hakim Pengadilan ad hoc Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Pengadilan Negeri Bandung ini.
 
Sebagai informasi tambahan, di hari terakhir pelaksanaan wawancara ini menghadirkan empat orang  CHA, terdiri dari dua orang dari kamar pidana, satu orang dari kamar Tata Usaha Negara dan satu orang dari kamar Militer. (KY/Adnan/Festy)




0 Komentar :