Selasa, 16 Mei 2017 - 12:47:33 WIB
Seleksi Kualitas, KY Loloskan 29 CHA
Diposting oleh : Admin
Kategori: Hukum - Dibaca: 476 kali

Jakarta (Komisi Yudisial) – Ketua Bidang Rekrutmen Hakim Komisi Yudisial (KY) Maradaman Harahap secara resmi mengumumkan hasil seleksi kualitas calon hakim agung (CHA) Tahun 2017. Dari 82 peserta seleksi kualitas, KY meloloskan 29 orang CHA. Penetapan kelulusan tersebut ditetapkan dalam Rapat Pleno KY CHA Tahun 2017, Senin (15/05) di Gedung KY, Jakarta.
 
"Dari 82 orang yang mengikuti seleksi kualitas, sebanyak 29 orang yang lolos seleksi. Jumlah itu terdiri dari 20 orang dari jalur hakim karier, 9 orang dari nonkarier seperti dari akademisi, praktisi atau advokat dan sebagainya," ujar Maradaman saat menggelar konferensi pers, Senin (15/05) di Ruang Pers KY, Jakarta.
 
Maradaman menjelaskan, berdasarkan kamar yang dipilih, sebanyak  10 orang lolos seleksi kualitas di kamar Perdata, 6 orang lolos seleksi kualitas di kamar Pidana, 2 orang lolos seleksi kualitas di kamar Tata Usaha Negara, 9 orang lolos seleksi kualitas di kamar Agama, dan 2 orang lolos seleksi kualitas di Militer.
 
"Berdasarkan kategori jenis kelamin, CHA tersebut terdiri dari 2 orang perempuan dan 27 orang laki-laki," urainya.
 
Maradaman mengatakan, KY telah melaksanakan seleksi kualitas yang penilaiannya menggunakan sejumlah instrumen. Karya profesi dengan tim teknis dari Pimpinan dan Anggota KY, karya tulis di tempat dengan tim teknis dari tim reader yang merupakan akademisi, kasus Kode Etik dan/atau Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH) dengan tim teknis dari Tenaga Ahli KY dan mantan hakim, kasus hukum (Hukum Acara Pidana, Perdata, Tata Usaha Negara, Agama, dan Militer) dengan tim teknis berasal dari hakim agung atau mantan hakim agung, serta tes objektif dengan tim teknis yang berasal dari hakim agung dan Tenaga Ahli KY.
 
Selanjutnya, bagi CHA yang lulus seleksi kualitas berhak mengikuti Tahap III yaitu, seleksi kepribadian dan kesehatan. 
 
"Untuk asesmen kompetensi dan kepribadian akan dilaksanakan pada 21 s.d. 22 Mei 2017 di Gedung KY, Jl. Kramat Raya No.57, Jakarta Pusat. Materi yang diujikan pada seleksi kepribadian meliputi: asesmen kompetensi dan kepribadian, rekam jejak, dan masukan dari masyarakat. Sementara tes kesehatan akan dilaksanakan pada 23 s.d 24 Mei 2017 di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto," urai mantan hakim tinggi agama ini.
 
Dalam rangka penelusuran rekam jejak, KY bekerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) terkait Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) serta aliran dana yang tidak wajar dari CHA. (KY/Jaya/Festy)




0 Komentar :